Posted on Leave a comment

Memberdayakan diri mulai darimana?

 

Minggu lalu, salah satu rangkaian kegiatan acara yang berkesan adalah melakukan perjalanan bareng mas Uta, sahabat dan (meski end up kita pisah gerbong, tapi seru.haha) dan disambut dengan kehangatan orang-orang di Solo.

Penyaji Materi WOMEN EMPOWERMENT

Di suatu malam, sembari kami membahas salah satu project Komunitas Hujan Safir Solo Booth camp training, yakni kegiatan para muslimah secara intens dari pagi sampai sore “ala Pesantren Kilat Hujan Safir” Bandung, dengan kurikulum yang kami sesuaikan, kami pun diminta untuk ngisi sharing session tentang Women Empowerment. (H-1..kyaaaaa..bakal sharing opooo ikiii).

Tapi akhirnya, singkat cerita malam itu juga rela begadang buat materi. (Aku ini orangnya grogian dan takut mati kutu kalo depan orang, jadi mempersiapkan diri dan materi tuh hal yang wajib demi mempersembahkan yang terbaik #Eaaaa). Continue reading Memberdayakan diri mulai darimana?

Posted on Leave a comment

Kebaikan Alam yang (tak) Terbatas

Masih dari pengalaman rangkaian kegiatan sebagai salah satu peserta di #DanoneBloggerAcademy , program #DBA2018 berikutnya setelah akademi menulis adalah melakukan #FieldtripDBA2018 di beberapa perusahaan Danone, seperti PT SariHusada, program CSR di Desa Pertanian Terpadu Kemudo, dan kunjungan ke Merapi Project. Selain itu, salah satu kunjungan yang paling berkesan adalah ke Pabrik Aqua yang besar, di Klaten.

Continue reading Kebaikan Alam yang (tak) Terbatas

Posted on Leave a comment

Adonan Kebahagiaan di Danone Blogger Academy

Satu hal yang aku syukuri setiap kali ikutan acara adalah suami selalu ridho dan merestui (selagi dia bisa nge-handle Ziyad bareng sama Mamah, acara yang Fifi ikuti bermanfaat dan bisa dipertangung jawabkan dunia-akhirat). Merasa beruntung punya suami yang ngerti banget bahwa istrinya pembelajar dan seneng belajar. Hal ini yang membuatku berani untuk ikutan “Danone Blogger Academy”. Terlebih, programnya menarik. Bismillah, awalnya nyoba “iseng dengan kesungguhan hati”, apa lagi emang Fifi lagi mau belajar tentang ilmu nutrisi, gizi, kesehatan, dan topik-topik terkait lingkungan.

Danone Blogger Academy adalah salah satu program yang dikolaborasikan bareng Kompasiana demi terwujudnya Blogger yang berkualitas. Program ini adalah program pengayaan kepada Blogger seputar bidang nutrisi, kesehatan dan tematik lainnya demi terciptanya konten kesehatan ala warga net yang berkualitas. Programnya terdapat 4 tahap :

1. Akademi Menulis. Jujur, bahagia banget belajar sekaligus meningkatkan kemampuan menulis. Selain itu, topik yang dibahas adalah topik yang lagi Fifi suka juga buat menunjang diri menjadi orang tua dan social activist, yakni seputar kesehatan, gizi, nutrisi dan lingkungan

2. Field Trip (Tahap ini dilakukan dengan visit ke salah satu perusahaan Danone di Klaten.

3. Pembuatan Karya

4. Graduation Day
.
Continue reading Adonan Kebahagiaan di Danone Blogger Academy

Posted on Leave a comment

Bijak Berteknologi

Kemarin, tanggal 22 september Fifi di beri kesempatan untuk menjadi moderator pada kegiatan seminar parenting Kakatu, pembahasanya tentang “Mendidik Anak di Era Digital”, dengan pemateri Dra Yeti, Saad Ibrahim dari Kakatu, dan Teh Gaida.

Sebenernya agak deg-degan karena tiba-H-1 keracunan makanan, muntah hebat dan diare, pun suami lagi ada deadline dari salah satu Client di Amerika (kan kita cuma berduaan, ngasuh bayi), tp Qodarullah bisa selesai tepat waktu, dan perutku yang melilit, membaik.

Bismillah, langsung aja ya, dalam rangka pengingat prribadi, dari segi parenting, mas uta sama aku percaya daripada menjauhkan anak dari “anti gadget atau jangan terpapar banget”, kami memilih untuk mengajarkan anak bijak berteknologi kelak, mengajarkan mereka “berenang” dengan cara  berusaha membangun “self-control” yang baik, sehingga siap dan kuat menghadapi era millenial, yang mana pengikisan tauhid, akhlak, norma-norma yang baik, perlahan hilang, na’udzubillah.

KANTONG JIWA

aku dan suami pun percaya, dengan mengisi kantong jiwa anak dengan rasa cinta dan kasih sayang, hadir 100% mendengarkan untuk anak, di harapkan anak tumbuh dengan penuh percaya diri, dan menjadikan ortu sebagai sumber kasih sayang dan cinta, (tentu selain kepada Allah SWT yang UTAMA), bukan pada gadget. ya Allah, mampukanlah. amin.

mengutip perkataan Teh Gaida, “merinding emang kalo liat dampak buruk gadget, pornografi, pembodohan, distraction, games, banyak hal yang mengerikan yang bisa hadir dari adanya teknologi ini, namun selain jangan lupa MEMOHON PERTOLONGAN ALLAH, karena Allah satu-satunya Dzat yang Maha hebat, kita sebagai orang tua harus mampu menyiapkan diri dengan bekal ilmu yang cukup, senantiasa melakukan pendampingnan, dan jangan lupa, siapkan banyak aktivitas fisik dan kreatif lainnya di luar gadget, seperti berolahraga, berkuda, dkk.”

menarik.

Continue reading Bijak Berteknologi

Posted on Leave a comment

Workshop Kepenulisan Hujan Safir

Inget banget pertama kali ketemu dan kenal @novieocktavia di acara @siaware , aku bisa ngerasain energi positif yang hadir di dalam dirinya.
Kalo @una_ha2 ? Gak usah di tanya. Sahabat sekelas, bisa jadi orang yang paling kontributif dlm kelulusanku krn rela jelasin 2 x dan minjemin catatannya selama kuliah kalo ada yang gak fifi faham, begitu pun sebaliknya, temen main yang super random, momotoran bareng keliling Bandung ke spot-spot kece di kota ini, sesekali buat kabur produktif lah ya.
Hari ini banyak banget yang aku syukuri, selain beberapa hari ketemu orang tua dan kumpul sm keluarga selama idul adha, quality time, dan ngobrol banyak sama cinta pertamaku, Bapa, hari ini kaki bertiga di pertemukan lagi di acara @hujansafirid .

Kesimpulannya :

Bumi adalah tempat paling luas u/ berkarya dalam kebaikan, asal dengan niat yang benar, hal teknis lainnya “bisa di pelajari”.

Dan satu lagi,
Berkarya/ memilih kendaraan untuk berbuat baik berbanding lurus dengan ketaatan kita kepada-Nya, yes of course because “Qul innama ‘ilmu ‘indalloh.”
Semua fasilitas, kapasitas diri, dan pencapaian yang kita miliki saat ini adalahbukan semata-mata karena hebatnya kita, but truly because Allah’s help.

Makasih banyak remindernya yah @novieocktavia .
Makasih juga semua sahabat @hujansafirid yang sudsh terlibat.
See you in the next event.
Spoiler : u/ Solo dan sekitarnya, Hujan Safir Community will comin to your city soon insyaAllah.
See you!

Posted on Leave a comment

Status Kita

Inspired by: Ngobrol dan diskusi sama Sahabat hari ini.

STATUS KITA

“Facebook, Twitter, Instagram, BBM, bahkan Whatsapp sekali pun, selalu nanya status kita hari ini. Trus pernah nyelami diri dan bertanya gak, sebenernya status kita di mata Allah kayak gimana? Udah di jalan yang Allah suka belum selama ini? Udah pantes jadi hamba-Nya yang diberi jalan keselamatan atau gak? dkk. #SelfReminder

Continue reading Status Kita

Posted on Leave a comment

Menjaga Niat & Cerita Siaware

Menjaga Niat

Semalem, aku dikasih kesempatan buat sharing sebagai salah satu alumni Siaware di Whatsapp. Trus, tiba-tiba hati deg-degan. Sama groginya kayak ngisi acara di depan umum. Dalam hati berkata,

“Ya Allah, jaga aku dari niat yang salah, jaga aku dari ilmu yang salah, aamiin.”

Lanjut siap-siap. 5 menit sebelum sharing dimulai, laptopku nge-hang! Padahal sebagian materi udah kuketik di laptopku.

Akhirnya suami nawarin Macbook-nya, padahal lagi balesin email ke luar negeri. Jam kerjanya kan malem.

“Gapapa, niat nolong istri”, ujarnya. Aku-nya yang nggak enak.

Akhirnya, dimulailah sesi sharing, dengan pertanyaan singkat dan sederhana.

Tiba-tiba jadi inget moment pasca Siaware. Aku yang ngajakin suami, tapi qodarullah, suami malah lebih cepat progress-nya dari aku. 3 impian tercapai dalam kurun 1 tahun! Aku? Butuh 2 – 3 tahun malah.

Manfaatnya Siaware kerasa banget buat kami berdua. Kami sama-sama selesai dengan masa lalu. Dan kalo komunikasi, berusaha dari hati ke hati. Kami pun saling menghargai impian satu sama lain, dan juga saling gotong royong mewujudkan impian kami berdua.

Perubahan terbesar setelah Siaware: semacam jadi titik balik aku buat makin sadar tujuan Tuhan menciptakan kita tuh apa. Kayak ngerasa, “Ya ampuuun selama ini aku kemana aja. Ngabisin banyak waktu buat hal yang nggak berfaedah. Memilih abai sama potensi dan kekuatan diri, nggak bisa handle kekurangan diri, sibuk mikirin apa kata orang lain yang belum tentu benar. Fokus sama masalah bukan solusi…”

Ikut Siaware bukan cuma jadi proses move on-ku, tapi move up, melangitkan karya. Dan semoga bisa membumi untuk tetep down to earth.

Makin ngerasa percaya diri, berani, dan nggak takut buat mencapai impian. Apalagi kalo diniatkan ada kebaikan di dalamnya, Tuhan pasti bantu. Lewat perantara dapat lingkungan yang super baik dan kompetitif dalam kebaikan, dan baaaanyak banget hal baik yang muncul pas aku mau untuk berubah.

Aku jadi berani dan percaya diri. Dulu aku penakut banget. Meskipun keliatannya tomboy dan berani, tapi untuk hal-hal tertentu aku nggak pede dan nggak berani.

Terakhir, dimana pun proses “penempaan diri” teman-teman, semoga Allah kuatkan pundak buat melakui semua aral kehidupan. Semoga kalian sehat-sehat selalu. Sukses buat semuanya.

Posted on Leave a comment

Let’s start with a tiny habit

Forget big change, start with a tiny habit.

Tema bulan ini :
“Start a tiny habit”.

Jadi weekly evaluation keluarga minggu ini ceritanya sambil piknik.
Sebenernya tujuan ke Malang bukan cuma jalan-jalan, karena agendanya suami (dan temen-temennya para kuli dollar ngumpul, ghatering dan meet up), temanya “meet the expert”.
Jadi orang-orang yang expert di bidang logo dan desain grafis kumpul dan sharing. Suami dapet ilmu dan sambung silaturahim sama temen-temen perjuangannya, lanjut family time (bahkan Mamah dan ibu mertua pun otw nyusul, InsyaAllah, mas uta inisiatif buat ngajak keluarga karena agendanya gak lama gitu).
Nah, lanjut ke weekly evaluation tadi, setelah kami panjang berdiskusi, fi dapet insight bahwa yang utama dari perubahan adalah, memulainya dengan kebiasaan-kebiasaan kecil yang bertambah tiap harinya. Kebayang kan, misal sehari nambah satu kebiasaan kecil baru, dari yang sederhana aja, perubahan besar bakal terjadi insyaAllah.
Jadi, yuk bismillah udah nentuin perubahan kecil apa di minggu ini? start from a tiny habit, start from now.
🙂

 

my tiny habit this week :

  1. Belajar menu masakan baru yang sehat buat keluarga dan Ziyad
  2. Baca buku min. 1 Bab
  3. Belajar 2 video dari skillshare.
  4. Nulis 1 tulisan.
Posted on Leave a comment

3 Highlight in Personal Dev

Dalam setiap bahasan dunia Pengembangan Diri, ada 3 hal yang menurutku penting dan sering jadi bahasan di tiap-tiap buku yang ku baca. Apa aja? Yuk simak.

  1. MENGENAL DIRI
    Kenapa?
    Biar kita gak terbuai sama kelemahan diri, juga gak lalai juga sama kelebihan yang ada dalam diri.
    Jadi makin tahu cara-cara tepat untuk kontrol diri.
    Contoh:
    Dalam beberapa hal, ingatanku ini bagus banget. Dulu pas di Gontor, nilai2 terbaik ya yang banyak hafalan. (Kalo di Gontor ingatan dan daya nalar teruji bisa bikin tetep stay di kelas terbaik),
    Tp untuk suatu hal, ingatanku lemah bgt, makanya aku suka bawa catatan dan seneng dunia catat mencatat.
    Tiap sudut ada pulpen dan notebook. (Di mobil juga bawa. Selain hape, pulpen sm buku ini sampai sekarang jadi highlight to bring bgt everywhere meski udah digital era).
  2. Punya ROLEMODEL

    Kalo dalam Quran mah uswatun hasanah-nya kita dalam bertumbuh. Tentu selain Rosululullah dan para sahabatnya, tentukan juga role model yang minat bakatnya mirip sama “our future’s life”. Syukur-syukur kalo di buku steal like an artist mah.. kita juga tau siap2 yang menginspirasi role model kita. Jadi banyak gurunya gitu. Lalu berikutnya adalah :
  3. Bertemanlah dan cari lingkungan yang HANYA akan mendukungmu. Not toxic people.
    Seriously ini juga penting!
    Why?
    Kalo bibit sekitar kita bagus, insyaAllah kita pun tumbuh dengan baik. Atau kalo Qodarullah kita sulit cari lingkungan yang baik, ya tantang diri untuk menjadi cahaya di sekitar.

Continue reading 3 Highlight in Personal Dev