Posted on Leave a comment

Memberdayakan diri mulai darimana?

 

Minggu lalu, salah satu rangkaian kegiatan acara yang berkesan adalah melakukan perjalanan bareng mas Uta, sahabat dan (meski end up kita pisah gerbong, tapi seru.haha) dan disambut dengan kehangatan orang-orang di Solo.

Penyaji Materi WOMEN EMPOWERMENT

Di suatu malam, sembari kami membahas salah satu project Komunitas Hujan Safir Solo Booth camp training, yakni kegiatan para muslimah secara intens dari pagi sampai sore “ala Pesantren Kilat Hujan Safir” Bandung, dengan kurikulum yang kami sesuaikan, kami pun diminta untuk ngisi sharing session tentang Women Empowerment. (H-1..kyaaaaa..bakal sharing opooo ikiii).

Tapi akhirnya, singkat cerita malam itu juga rela begadang buat materi. (Aku ini orangnya grogian dan takut mati kutu kalo depan orang, jadi mempersiapkan diri dan materi tuh hal yang wajib demi mempersembahkan yang terbaik #Eaaaa). Continue reading Memberdayakan diri mulai darimana?

Posted on Leave a comment

Conscious Living

Suatu hari, aku pernah liat postingan temen, yang lagi ikutan program bersih-bersih sampah, dan 2018, nemu sampah sampo yang kalo di liat, itu adalah bungkus tahun sekitar 80-an.

2018 dan masih nemu sampah tahun yangsegitu lama nyadarin aku bahwa nyampah hari ini adalah tidak semuanya hilang, tapi hanya berpindah tempat,yang bisa merusak ekosistem lain selain manusia, binatang-binatang laut misalnya.

Pernah denger juga berita tentang ikan paus/hiu yang meninggal akibat tertelan botol plastik, sedih banget kan. And you know what, bahwa menyampah di Indonesia, bisa berdampak ke negara lain imbasnya, saking gedenya pulau indonesia dan terhubung satu sama lain. Kesadaran ini perlu di bagi karena konsekuensinya bukan hanya berdampak pada generasi setelah kita di negaraku sendiri, akan tetapi di seluruh dunia.

Akhirnya, komunitas hujan safir yang udah berdiri selama 5 tahun juga mau belajar tentang kesadaran gaya hidup #zerowaste. #Zerowaste bukan semerta-merta hilang sama sekali dari menyampah, karena pasti butuh proses dan bertahap, tapi aku percaya bahwa #Zerowaste adalah di mulai dari gaya hidup dengan penuh kesadaran, memilah sampah misalnya.#ConciousLiving

Semoga bisa menerapkan hal ini di mulai dari rumah, dari diri sendiri, dan perlahan. Karena aku percaya perubahan besar di mulai dari langkah kecil yang terarah.

Semangat. Saling mengingatkan.

Posted on Leave a comment

Workshop Kepenulisan Hujan Safir

Inget banget pertama kali ketemu dan kenal @novieocktavia di acara @siaware , aku bisa ngerasain energi positif yang hadir di dalam dirinya.
Kalo @una_ha2 ? Gak usah di tanya. Sahabat sekelas, bisa jadi orang yang paling kontributif dlm kelulusanku krn rela jelasin 2 x dan minjemin catatannya selama kuliah kalo ada yang gak fifi faham, begitu pun sebaliknya, temen main yang super random, momotoran bareng keliling Bandung ke spot-spot kece di kota ini, sesekali buat kabur produktif lah ya.
Hari ini banyak banget yang aku syukuri, selain beberapa hari ketemu orang tua dan kumpul sm keluarga selama idul adha, quality time, dan ngobrol banyak sama cinta pertamaku, Bapa, hari ini kaki bertiga di pertemukan lagi di acara @hujansafirid .

Kesimpulannya :

Bumi adalah tempat paling luas u/ berkarya dalam kebaikan, asal dengan niat yang benar, hal teknis lainnya “bisa di pelajari”.

Dan satu lagi,
Berkarya/ memilih kendaraan untuk berbuat baik berbanding lurus dengan ketaatan kita kepada-Nya, yes of course because “Qul innama ‘ilmu ‘indalloh.”
Semua fasilitas, kapasitas diri, dan pencapaian yang kita miliki saat ini adalahbukan semata-mata karena hebatnya kita, but truly because Allah’s help.

Makasih banyak remindernya yah @novieocktavia .
Makasih juga semua sahabat @hujansafirid yang sudsh terlibat.
See you in the next event.
Spoiler : u/ Solo dan sekitarnya, Hujan Safir Community will comin to your city soon insyaAllah.
See you!