Posted on Leave a comment

Karena Kita Tidak Kenal

Jika ada yang tetap di sisimu setelah mengenalmu, mengenal masa lalumu, dan kebiasaan burukmu, yang demikian itu yang boleh dipersilahkan untuk memasuki "istana hatimu". Untuk memulai penjelajahan asing dan baru bersama-sama sebagai dua manusia biasa dan nyata, bukan sebagai dua malaikat maya.

 

(Urfa Qurrota Ainy)
Posted on Leave a comment

Let’s start with a tiny habit

Forget big change, start with a tiny habit.

Tema bulan ini :
“Start a tiny habit”.

Jadi weekly evaluation keluarga minggu ini ceritanya sambil piknik.
Sebenernya tujuan ke Malang bukan cuma jalan-jalan, karena agendanya suami (dan temen-temennya para kuli dollar ngumpul, ghatering dan meet up), temanya “meet the expert”.
Jadi orang-orang yang expert di bidang logo dan desain grafis kumpul dan sharing. Suami dapet ilmu dan sambung silaturahim sama temen-temen perjuangannya, lanjut family time (bahkan Mamah dan ibu mertua pun otw nyusul, InsyaAllah, mas uta inisiatif buat ngajak keluarga karena agendanya gak lama gitu).
Nah, lanjut ke weekly evaluation tadi, setelah kami panjang berdiskusi, fi dapet insight bahwa yang utama dari perubahan adalah, memulainya dengan kebiasaan-kebiasaan kecil yang bertambah tiap harinya. Kebayang kan, misal sehari nambah satu kebiasaan kecil baru, dari yang sederhana aja, perubahan besar bakal terjadi insyaAllah.
Jadi, yuk bismillah udah nentuin perubahan kecil apa di minggu ini?Ā start from a tiny habit, start from now.
šŸ™‚

 

my tiny habit this week :

  1. Belajar menu masakan baru yang sehat buat keluarga dan Ziyad
  2. Baca buku min. 1 Bab
  3. Belajar 2 video dariĀ skillshare.
  4. Nulis 1 tulisan.
Posted on Leave a comment

3 Highlight in Personal Dev

Dalam setiap bahasan dunia Pengembangan Diri, ada 3 hal yang menurutku penting dan sering jadi bahasan di tiap-tiap buku yang ku baca. Apa aja? Yuk simak.

  1. MENGENAL DIRI
    Kenapa?
    Biar kita gak terbuai sama kelemahan diri, juga gak lalai juga sama kelebihan yang ada dalam diri.
    Jadi makin tahu cara-cara tepat untuk kontrol diri.
    Contoh:
    Dalam beberapa hal, ingatanku ini bagus banget. Dulu pas di Gontor, nilai2 terbaik ya yang banyak hafalan. (Kalo di Gontor ingatan dan daya nalar teruji bisa bikin tetep stay di kelas terbaik),
    Tp untuk suatu hal, ingatanku lemah bgt, makanya aku suka bawa catatan dan seneng dunia catat mencatat.
    Tiap sudut ada pulpen dan notebook. (Di mobil juga bawa. Selain hape, pulpen sm buku ini sampai sekarang jadi highlight to bring bgt everywhere meski udah digital era).
  2. Punya ROLEMODEL

    Kalo dalam Quran mah uswatun hasanah-nya kita dalam bertumbuh. Tentu selain Rosululullah dan para sahabatnya, tentukan juga role model yang minat bakatnya mirip sama “our future’s life”. Syukur-syukur kalo di buku steal like an artist mah.. kita juga tau siap2 yang menginspirasi role model kita. Jadi banyak gurunya gitu. Lalu berikutnya adalah :
  3. Bertemanlah dan cari lingkungan yang HANYA akan mendukungmu. Not toxic people.
    Seriously ini juga penting!
    Why?
    Kalo bibit sekitar kita bagus, insyaAllah kita pun tumbuh dengan baik. Atau kalo Qodarullah kita sulit cari lingkungan yang baik, ya tantang diri untuk menjadi cahaya di sekitar.

Continue reading 3 Highlight in Personal Dev

Posted on Leave a comment

Tips Tidur Sama Bayi

Kali ini temanya tentang tidur bayi. Bisa gak sih bayi tidur sama orang dewasa? posisi tidur bayi yang baik seperti apa? dll.Ā Kalo belum tau, Aku punya bayi usia 4 bulan, namanya Dek Atta. mau sharing sedikit, dariĀ newborn,Ā dia tidur udah bertiga sama orang tuanya, meskipun beberapa gak nyarananin tidur bertiga karena faktor keamanan, tapi kami berusaha untuk tetap aman. Rasanya, gak mau pisah aja gitu sama bayi. Nah! ada beberapa tips buat yang gak mau pakaiĀ tempat tidur khusus bayi.

Continue reading Tips Tidur Sama Bayi