Posted on Leave a comment

Tips Tidur Sama Bayi

Kali ini temanya tentang tidur bayi. Bisa gak sih bayi tidur sama orang dewasa? posisi tidur bayi yang baik seperti apa? dll. Kalo belum tau, Aku punya bayi usia 4 bulan, namanya Dek Atta. mau sharing sedikit, dari newborn, dia tidur udah bertiga sama orang tuanya, meskipun beberapa gak nyarananin tidur bertiga karena faktor keamanan, tapi kami berusaha untuk tetap aman. Rasanya, gak mau pisah aja gitu sama bayi. Nah! ada beberapa tips buat yang gak mau pakai tempat tidur khusus bayi.

Beberapa hal itu adalah :

  1. Pastikan kasurnya cukup keras. (gak terlalu empuk banget, untuk mencegah bayi sulit bernapas, dan badannya tenggelam di kasur)
  2. Pastikan kamar, orang tua, dan apa-apa yang ada di kasur dalam keadaan bersih. Jadi SOP ya, gak boleh ngemil di kasur, nanti ada semut, sama orang tuanya juga bersih, termasuk pakaian ayah ibunya.
  3. Alas. Untuk kenyamanan, kasih alas juga. Kami memilih untuk tidak pakai perlak lama, cuma seminggu (masih intens banget pipis dan pupnya), lama-lama kami gak pakai perlak,  karena kurang nyaman, jadi pas newborn, stok seprai harus cukup, haha!
  4. Jauhin dulu ya yang punya binatang peliharaan
  5. Nah! buat orang tua yang masih baru, kita harus siap jadi security garda terdepan untuk memastikan bayi kita aman, terutama kalau banyak orang yang berkunjung, tidak semua sefaham dengan apa yang kita jalani, jadi tetap tenang dan jaga bayi dengan bahagia.
  6. Pastikan juga peralatan kebersihan bayi dekat dari jangkauan kasur. Karena prinsipnya, punya bayi harus fast respon, #Eaaaaaa.. 
  7. Oiya, penerangan kamar juga perlu di perhatikan. pas newborn, ku tidak saranin gelap banget, kalo perlu terang tapi tidak nyorot. Gunanya untuk membantu Ibu mempermudah pelekatan saat menyusui yang intensitasnya hampir tiap 2 jam saat newborn. 
  8. Ajarkan bayi perbedaan siang dan malam sedini mungkin. It works!, trust me. your baby is genius. Dengan cara : Pengenalan saat siang hari, saat bermain. Setiap mau bobo, di ajarin, itu adalah aktivitas tidur,istirahat, sambil doa.
  9. Oiya, setiap mau menyusui, biasakan berdoa dulu ya.
  10. Jangan lupa bahagia

“Ya Allah, berkahilah setiap ASI yang kau karuniakan kepada anak kami, menjadi jalan ia bertumbuh menjadi anak yang sehat, pintar, dan kuat, amin”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *