Posted on Leave a comment

Nama Adalah Kumpulan Doa dan Harapan

Pemberian nama adalah kumpulan dari doa dan makna. Yup! I feel it too with my husband. H+7 minggu setelah Atta lahir, kami mengumpulkan banyak doa dan harapan serta cita-cita mulia kepada anak, senelum akhirnya merumuskan nama, tentu konsultasi juga dengan guru agama dari kakeknya.

Pemberian nama “Ziyad Fatahillah” terinspirasi dari Qori bersuara merdu bernama Ziyad Fatel, dan juga terinspirasi dari ayat suci al-quran dari ¬†ayat-ayat favorit kami. Kalo aku dari Al-Fath dan suamiku dari As-Shoffat yang intinya harapan utama kami adalah, Atta akan menambah “kemenangan kebaikan”. Tentu tak lupa juga sosok Thariq bin Ziyad Sang Penakluk Andalusia, (pas di Gontor dulu, pembahasannya paling membekas dan fenomenal banget penaklukannya), mudah-mudahan kelak Dia akan tumbuh menjadi orang pilihan yang dapat memberantas kebodohan (kejahiliyaan).

Meski ada istilah “anak akan menjadi milik zamannya”, tak membuat risau kami sebagai orang tua untuk menyerahkan seutuhnya pada zaman dan menjadi pesimis dan khawatir berlebih. Gak masalah kan selama kita berhasil dan berupaya untuk menanamkan aqidah, akhlak dan prinsip hidup yang baik sedini mungkin, mudah-mudahan bisa membekas untuk bekalnya kelak ya allah. (Mampukanlah kami untuk bisa menjadi orang tua yang menghantarkannya ke Syurga), amin.

Jadi orang tua tuh kerasa banget ya, tanggung jawabnya. Bukan cuma nuntut dan berharap anak-anak jadi “waladun soleh” aja, kalo kata suami mah, kita dulu yang mulai mensolehkan diri dan menjadi seperti yang kita harapkan kepada anak kita. Jadi solehkan diri dulu, belajar dan semangat memperbaiki terus, belajar yang rajin, berupaya jadi yang sesuai yang kita cita-citakan kepada anak.

Semua itu gak akan tercapai tanpa adanya “petunjuk” dan kerendahan hati untuk terus mau memperbaiki diri, mau menjemput ilmu dan gak mudah puas dengan semua pencapaian yang ada, ¬†semoga keluarga kami dan para pembaca senantiasa Allah cahayai dengan cahaya Quran. Amin.

 

 

Bandung, 30 November 2017

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *