Pengembangan Diri thoughts

3 Highlight in Personal Dev

Dalam setiap bahasan dunia Pengembangan Diri, ada 3 hal yang menurutku penting dan sering jadi bahasan di tiap-tiap buku yang ku baca. Apa aja? Yuk simak.

  1. MENGENAL DIRI
    Kenapa?
    Biar kita gak terbuai sama kelemahan diri, juga gak lalai juga sama kelebihan yang ada dalam diri.
    Jadi makin tahu cara-cara tepat untuk kontrol diri.
    Contoh:
    Dalam beberapa hal, ingatanku ini bagus banget. Dulu pas di Gontor, nilai2 terbaik ya yang banyak hafalan. (Kalo di Gontor ingatan dan daya nalar teruji bisa bikin tetep stay di kelas terbaik),
    Tp untuk suatu hal, ingatanku lemah bgt, makanya aku suka bawa catatan dan seneng dunia catat mencatat.
    Tiap sudut ada pulpen dan notebook. (Di mobil juga bawa. Selain hape, pulpen sm buku ini sampai sekarang jadi highlight to bring bgt everywhere meski udah digital era).
  2. Punya ROLEMODEL

    Kalo dalam Quran mah uswatun hasanah-nya kita dalam bertumbuh. Tentu selain Rosululullah dan para sahabatnya, tentukan juga role model yang minat bakatnya mirip sama “our future’s life”. Syukur-syukur kalo di buku steal like an artist mah.. kita juga tau siap2 yang menginspirasi role model kita. Jadi banyak gurunya gitu. Lalu berikutnya adalah :
  3. Bertemanlah dan cari lingkungan yang HANYA akan mendukungmu. Not toxic people.
    Seriously ini juga penting!
    Why?
    Kalo bibit sekitar kita bagus, insyaAllah kita pun tumbuh dengan baik. Atau kalo Qodarullah kita sulit cari lingkungan yang baik, ya tantang diri untuk menjadi cahaya di sekitar.

Jadi jadilah terus Student of life, karena banyak banget hal yang belum di ketahui dan banyak hal menarik yang perlu di cari, utamanya untuk membimbing diri tidak terjatuh di lubang yang sama setiap harinya, harapannya tiap hari adalah bisa bertumbuh dan naik kelas, utamanya di mata Allah SWT dan penduduk langit. Semoga bermanfaat.

Selamat mengembangkan diri, great people!
:”)

 

Bandung, 3 Februari 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *