Posted on Leave a comment

Tugas Februari, untuk CERIA 2018

💓Tugas Februari, untuk CERIA 2018

Mengenal Postpartum Depression dan Baby Blues

💛Yang sdh punya anak :
Bagaimana perasaan saat memiliki anak pertama?

Meski klise, tapi pas lahir Atta rasanya haru biru. Lega, bahagia, gak nyangka, hening. Status berubah jadi ibu, ada seseorang yang membutuhkan aku di dunia ini sekakigus jadi wasilah rohman rohim-Nya itu tanggung jawab yang berat sekaligus membahagiakan. Alhamdulillah, gak sempet ngerasain baby blues karena qodaruullah suami dan kekuarga kasih support dan dukungan cinta yang penuh.

Bagaimana masa mengasuh anak ini dilalui?

Kalo awal-awal ngerasa ada perasaan “mampu gak ya,” bisa gak ya, amanah gak ya.
Tapi lagi-lagi suani ngigetin, “amanah gak salah memilih pundak”.
Karena udah sering bahas soal pola asuh bahkan sebelum nikah sama suami, tantangannya kita terus terpacu buat belajae terus parenting, dan menurutku itu adalah pelajaran seumur hidup.
Sama kalo pola asuh sm ortu dan mamah ada perbedaan, nganggepnya bukan “intervensi”, tapi ungkapan sayang mereka ke kami. Jadi mindset bener2 harus di jaga biar tetap “keep being positive”.

Apa suka dan tantangannya?
Mungkin sukanya tadi, punya anak itu kayak muncul harapan baru (meskipun kami gak boleh mengharapkan apa-apa ke anak), ikhlas dan tulus semata-mata ibadah, ibadsh yanv menyenangkan sekaigus deg-degan belajar jadi teladan, guru, sekaligus sahabat yang hangat untuk anak. Seru deh!

Sama awal fasel setemah lahiran kan, 7 hari (sengaja) nginep di tempat persalinan, bayi lotus birth, dan jadi “quality time dan bondingnya” aku sama suami dan sekalian di training sama tim bidan juga. Jadi bahagia banget meski masih recovery.
Kebantu banget.
Tantangannya waktu hiper-laktasi hampir beberapa minggu, dsn belum bisa ngegendong bayi sampai 2 bulan yanv nyaman. Tapi karena dukungan cinta suami, keluarga dan sahabat, lagi-lagi semacam gak ada masalah tanpa solusi

Bagaimana mengatasi tantangan tsb?
Menurutku, transisi dari masa kehamilan, persalinan, dan jadi ibu baru itu butUh oendampingan dan dukungan cinta yang cukup. Karena akan ngaruh ke proses berikutnga yaitu mengasuh dan mengasihi. Ibu diasihi, akan ngahruh ke proses mengasihi dan memberi ASI pada bayi.
Jadi, perku sekuat tenaga buat jaga mood dan keep positive.. jaga mindset. Hindari hal-hal yang bikin gak happy dan jangan ambil pusing sama orang-orang yang maksudnysma meng-intervensi, kecuali emang dengan tujuan sayang dan mendidik.
Alhamdulillah juga suami kerja di rumah, jadi teamwork sama pasangan menurutku paling penting.

Sebelum bonding ke anak, pasangannya dulu harus “saling terkoneksi” satu sama lain.
Sama minta bantuan Allah dan doa yang utam, karena semua yang terjadi udsh izin-Nya, bismillah semangat ibu muda ibu baru. Semoga Allah senantiasa memberika kita kekuatan dan hati yang lapang buat terus belajar.

#PICBBdanPPD
#inspirasiceria
#pojokilmuceria
#tugasfebruari2018

Berbagi cerita berbagi ceria
Tak ada Ceria tanpa cerita
Ceria, Cerita Ibu Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *