Hujan Safir Community Pengembangan Diri thoughts

Persiapan Ramadhan untuk Aktif dan Produktif

Pagi-pagi jalan2 sama Ayah sama Ziyad karena stok buah habis. Baru sadar juga ini hari kamis, Qodarullah ayah full kerja karena ada deadline dan aku ada agenda sama sahabat Hujan Safir.
 Pembahasan kita adalah tentang Menyambut Ramadhan dengan Produktif dan Berdaya. Tentu bismillah semangatnya karena kita punya kesempatan dan sebagai wujud syukur kita sama Allah atas karunia-Nya, berupa banyak kemudahan yang bisa muslim muslimah lakukan, kita bukan di Negara konflik dan masih aman nyaman buat Ibadah, yuk bareng-bareng ikhtiar ngasih yang terbaik. ^^

Pembahasan awal adalah tentang makna produktif itu sendiri. Dikutip dari Muhammaf Faris bahwa Produktif sebagai muslim adalah tentang kita aktif di dunia ini menjalankan aktivitas dalam rangka mempersiapkan bekal akhirat terbaik. Jadi apapun aktivitas kita, sebagai Muslim Profesional, harus dikorelasikan pada orientasi akhiratnya.
 jadi produktif adalah saat fokus x energi x waktu menghasilkan ultimates goals kita yakni untuk Akhirat.

Yang kedua makna Berdaya sendiri. Berdaya adalah upaya secara sengaja dalam rangka menggapai ikhtiar langit dan bumi terbaik, untuk bisa beribadah kepada Allah dengan optimal. sebelum memberdayakan diri, kita mengenal baik siapa kita, apa kekurangan dan kelebihan kita, apa yang mau kita kontribusikan di dunia ini untuk kondisi yang lebih baik, dalam rangka ibadah ke Allah.

 

3 step yang coba diaplikasikan adalah dari buku Productivity Hack :

1. Start from Our outcomes
 (apa hasil yang mau kita hasilkan)

2. Purpose

3. Action

Bisa juga aktivasi perubahan dari aksi tersebut, dengan 15 minutes Daily Acitivities yang mana memulai melakukan aktivitas utama, dengan per 15 menit, karena angka ini terasa lebih ringan untuk dilakukan.

Nah!
 Lalu apa yang perlu dilakukan saat ramadhan ini?
 Persiapan ramadhan untuk merencanakan ramadhan terbaik adalah dalam rangka menyambut ramadhan dengan suka cita.
 Dimana diawal kita sadar bahwa selama ramadhan yang spesial ini, tidak ada sekat satupun untuk diterimanya doa, di bulan yang penuh maghfiroh, dan tentu dilipat gandakannya ampunan.
 MasyaAllah, Yuk kita manfaatin bareng-bareng momen ini, kemaren juga sama suami men-set up daily habit selama ramadhan, karena merencanakan tentu jauh lebih baik daripada tidak ada siyasah sama sekali.

Jadi merencanakannya adalah dalam rangka saat syawal kelak, kita benar2 merasa menang, karena saat mau lari kencang di arena marathon selama bukan ramadhan, kita telah melakukan “pemanasan” dengan benar. #Eaaaaa

Bismillah semoga kita bisa sampai waktunya ya ya Allah amiiiiiiiin. huhuhu.

Terus, gimana caranya istiqomah? (Dari tadi sebenernya buat ke diri sendiri kok udah disclaimer di awal.)

Caranya adalah meyakini bahwa bila ramadhan ini adalah ramadhan terakhir kita atau mau melakukan amal soleh terbaik untuk bekal kita di akhirat nanti.
Semoga kita bisa terus menjemput ilmu, mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya amal, dan kt bisa menjaga keluarga kita dari siksa api neraka amiiin.

Oiya, kami juga feel amazed banget sama tilawah dan baca surat an-naml dari 1-22. :”)

Cek deh.
 MasyaAllah, pokoknya jazakumullahu fii ansanil jaza sahabat hujan safir. Makasih juga untuk suami yang setia untuk ngingetin aku buat belajar bareng dan ngelakuin evaluasi mingguan, means a lotl.

Sahabat hujan-hujanan dalam kebaikan #Eaaaa.
Maaci Una, Hani, Rani, Sri.

Oiya sahabat hujan safir, yuk ikutan acara Pesantren Kilat Hujan Safir 2019. Lokasinya di Bandung, tanggal 18-19 Mei nanti.
Kita akan seru-seruan dan belajar bareng InsyaAllah.
Cara daftar? Boleh langsung cek instagram @hujansafirId aja yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *