thoughts UFO Family : Kisah Rumah Tangga Muda

day 2 : Pengendalian Diri

Inspirasi Ramadhan Series.

Wah!

masyaAllah. Puasa sambil menyapih anak yang usianya 22 bulan dan masih suka mimik siang hari tuh masyaAllah perjuangan. ūüôā tapi Alhamdulillah dinikmati aja karena mau nyapih dengan cinta, sambil pelan-pelan kita berdua sama-sama siap. huhu.

tapi Qodarullah, pas semalem, di¬†sounding¬†emaknya mau tarawih di Aa-Gym, Alhamdulillah berhasil tidur, mesikpun namanya juga perkumpulan bayi, ada yang nangis, bisa kebangun juga. Tapi aku¬†happy¬†banget so far, karena kita perlu mensosialisasikan Masjid yang ramah anak, biar dari kecil mereka seneng ke Masjid, tinggal siasat pengurusnya aja gimana caranya biar tetap nyaman juga untuk jama’ahnya.

Nah, kemaren, Aa Gym lagi ceria banget sih, emang bener sih harus nyambut bulan ramadhan dengan penuh keceriaan. Gimana enggak coba, udah lewat yah kayaknya fase kita menjalankan puasa cuma menahan lapar dan haus, atau ngarep THR apalagi cuma berburu diskon. Bukan gak boleh, tapi jangan lupa yang perlu kita kejar secara dalam adalah, hal-hal prinsip, salah satunya menyambut ramadhan dengan melipatgandakan ibadah kita, karena semuanya serba double bonus. baik maghfirohnya, terkabulnya doa, dan banyak lainnya. Ya Allah, semoga kita bisa terus istiqomah berlomba dalam kebaikan, dan bisa menyambut syawal dengan beneran merasa menang. Minimal memenangkan hawa nafsu, atau menjadi pribadi yang makin baik.

Nah, sekarang kita bahas, apa aja sih menu spesial yang ada di Bulan ramadhan, yuk simak.

Menu Spesial

Kalo kita mungkin kadang reflect tiap ke tempat makan :

“Mbak, apa menu spesial atau yang paling best seller di tempat makan ini.”

Mungkin saja juga kita perlu sadar bahwa begitu banyak menu spesial yang bulan ramadhan tawarkan, yakni :

  1. Shiam dan Qiyam, mendirikan Puasa dan Solat. baik solat tahajud di malam hari, dan solat tarawih yang hanya ada selama ramadhan.
  2. Zakat Fithrah. Mungkin yang biasa membersihkan diri setiap bulannya lewat infaq, sedeqah, atau zakat maal, pun dengan ramadhan. Meskipun populernya di keluarkan saat H-10 ramadhan berakhir, sebenarnya bisa juga loh di bayar di awal waktu. :)(Dulu, pas sama Bapak, selalu dilibatin tiap mau bayar zakat fitrah. tapi pas Kuliah, udah belajar bayar sendiri, meskipun kadang Bapak juga tetep ngeluarin Zakat atas nama aku. Dan sekarang udah berkeluarga, Mas sama aku belajar untuk mengeluarkan zakat sendiri, MasyaAllah, bulan yang kerasa banget tarbiyah-nya.
  3. Nuzulul Quran, Mendekat untuk interaksi dengan Al-Quran. Bukan tentang khatam beberapa kali sih, tapi tadi lebih ke memaknainya makin tajam. Misal baru belajar ngaji, sama baik dan mulianya kok kalo bulan ini makin pertajam skill tahsain dan baca al-Qurannya. atau kalo yang udah expert, boleh loh berbagi tentang ilmu al-Qurannya. Intinya, beribadah sesuai kapasitas dan peran yang udah kita lakukan selama ramadhan. ^^oiya, komunitas @hujansafirid juga ngadain Pesantren Kilat Hujan Safir 2019 loh. Tahun ini lebih singkt jadi tanggal 18-19 Ramadhan aja, karena aku diamanahi bertanggungjawab atas kegiatan ini, dan mengingat ada bayi, jadi gak bisa lama. Tapi materinya InsyaAllah bakal dipadetin dan gak mengurangi feel intimate-nya. #Eaaaaa
  4. Berdoa. Hayoooo hafal gak perintah puasa dalam surat apa? Yups. Bener banget, ada di surat Al-baqoroh ayah 183-187. (Boleh di cek yah), koreksi juga kalo salah. Nah! dar ayat ini, jelas Allah bilang bahwa puasa kita bukan hanya pengendalian diri menahan diri dari lapar dan dahaga, tapi bulan yang baik untuk banyak berdoa. Karena selama doanya adalah untuk Allah (lagi), InsyaAllah gak ada sekat apapun loh. MasyaAllah.
  5. Belajar ilmu agama dan ilmu lainnya. Pokoknya semua yang kita jemput dan ikhtiarkan, kita kobarkan banget sampai kita merasa menang di Syawal nanti.

 

Bismillah semoga kita bisa menjaga stamina kita. Jadikan ramadhan kali ini lebih sederhana dalam urusan teknis, tapi maksimal untuk urusan ibadah. InsyaAllah.

Self reminder juga ini.

 

 

Bandung, 2 Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *