thoughts UFO Family : Kisah Rumah Tangga Muda

Day 3 : Sederhana

Inspirasi Ramadhan Series.

Bismillah.

Inspirasi pagi ini datang dari ucapan Mas Uta persis sebelum ramadhan:

“Fi, aku mau kita sederhanakan semua hal yang teknis selama ramadhan, tapi berusaha optimal untuk stamina ibadah.”

“Contohnya perkara lauk dan makan apa, kalo gak sempet masak, gakpapa, kita beli aja”.

“Misal, ku gak mau kita direpotkan km masak apa untuk berbuka, kalo pun gak sempet. Kurma juga gapapa, makan beratnya abis tarawih misalnya.”

“Biasain solat waktu diawal waktu ya Fi, aku akan bantu ngingetin. Pun dengan solat sunnah, kalo aku udah selesai, ku akan bantu jaga Ziyad.”

 

:”)

Aku tuh berasa terharu. Tapi emang enggak ramadhan juga, punya Suami yang juga kerja dirumah, sangat membantu perjalanan bonding¬†dan adaptasi pengasuhan kami sih. super¬†bahagia tentu, tapi meski kadang siap juga resikonya untuk menahan diri gak gangguin pas beliau khusyu’. Misal lagi video call-an sama client. Dst.

Sama satu lagi, Buat kami penting banget buat kita sama-sama tahu cara belajar dan cara komunikasi yang tepat antar suami, contoh :

– Suami tipe audio visual. Dan kalo baca buku, gak sembarang buku bisa dia baca. Sebagai dulu pernah megang layout dan perfectsionist-nya beliau, lumayan makin seektif pilih bacaan.

– sedangkan aku, yang penting highligtj contentnya. Bahkan buku Bapa yang jadul pun, aku masih tetep suka.

Kalo gaya komunikasi, contoh :

– Mas Uta seneng kalo ada apa-apa ngomong. (Kalo enggak, biasanya aku nulis surat tangan. Wkwk).

– kalo aku, tipe yang paling ngena kalo misa gak diajarin, tapi dia ngasih contoh. Konkret. Dan karena aku jiwa kompetitif dan seneng hadiah, wkwk. Kadsng suka diiming2i bonus.

Contoh :

Mas Uta selalu nginngetin aku baik2 u/ solat duha setelah dia solat. Cuma bilang, aku udah solat loh. Bikin rasanya mau kabuuuur aja gitu.

 

Atau kalo aku mau Mas Uta baca buku yang menurutku baik buat dia, aku cari referensi review audionya dulu. Atau kayak misa buku produktif muslim, suka ada versi audionya juga.

 

Dkk.

Menurutku, proses kenalan sama suami dan anak adalah perjalanan yang super panjang dan bisa jadi proses seumur hidup.

Aku meyakini bahwa orang-orang yang memiliki suatu hubungan yang panjang, bukan hanya karena mereka takdirnya jodoh, tapi masing-masing dari mereka ada keinginan untuk menjaga flow pernikahan baik energi, fokus, dan waktu.

Kuncinya kita belajar menurunkan ego masing-masing, dan tahu kapan waktu yang tepat untuk berkomunikasi. Bisa saling menjaga saat salah satu jadi air dan api. Upaya menjaga keseimbangan ini, kalo dijaga cuma salah satu aja, ya babak belur. ūüė≠.

Sama yang utama adalah tentu ingat terus¬†tujuan pernikahan kita diawal.¬†Ini hal mendasar yang wajib dibahas karena akan menentukan “pemetaan” rumah tangga kita kedepan. :’). Sama kok, kami juga masih terus bebenah dan belajar. Nah, sebenernya poin¬†makna sederhana¬†ditulisan ini adalah, kadang kita itu suka membuat rumit segala sesuatu yang sebenarnya bisa sederhana, terutama dalam rumah tangga. #Eaaa. Kalo udah sama-sama komit manis pahit ditelan bareng,¬†gak akan ada benang kusut yang gak terurai,¬†tapi lagi-lagi tadi, butuh perjuangan dari kedua belah pihak, gak bisa cuma salah satu aja :’).

Hikmah lainnya yang dirasakan selama Ramadhan adalah menjadi pembakaran untuk pembiasaan selama setahun kedepan. Yang awalnya berat bangun sahur, kan jadi perlahan bangun. dan MasyaAllah-nya Allah memberikan hadiah yang super besar dari ramadhan ini mungkin karena tahu pasti bahwa nature-nya kita kalo ada iming2 hadiah, makin kerasa dan semangat. Astaghfirullah.

Mudah-mudahan kita semua bisa belajar hidup berkesadaran dan hidup sederhana, meski definisi sederhana setiap orang pasti relatif dan berbeda. yang penting yang gak boleh sederhana adalah ikhtiar/ upaya-upaya mengumpulkan bekal akhirat. Terdengar klise tapi tidak bagi kami yang meyakini adanya hari akhir, rasanya super worthed aja gitu buat diperjuangin. Kuncinya tadi, saling fastabiqul khoirot dan mendukung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *