event + workshop +just my word

Day 23 : The Secret of Happines is Progress

“The Secret of Happines is Progress”. (Unknown)

Kini, sadar bahwa kekalahanmu yang utama adalah dalam menghabiskan hari-hari tanpa berprogres, hanya meninggalkan debu-debu kotor pada setiap kesempatan yang datang.

Sejatinya kita tau, balasan-Nya memang tak seperti materialisme dan konsumerisme belaka, yang bisa nampak dan terlihat yang pada akhirnya, keimanan kita diuji dengan kekhawatiran akan keamanan, finansial, status sosial, dan hal lainnya. Padahal sudah jelas Dia berkata “Tak perlu sedih, rezeki sudah Aku jamin.”

Pada akhirnya, sesal selalu karena tak berani jujur pada diri sendiri, gagal meyakini bahwa sejatinya akan ada kehidupan setelah ini.

Perjalanan jauh yang tak tahu dimana saat pemberhentiannya, menyisakan isak dan sesal, karena lagi-lagi kita kalah melawan diri sendiri. Tapi ada satu hal yang membuatku tersenyum di pagi hari: sesal yang berujung perubahan dan harapan untuk bisa menjadi manusia lebih baik adalah kebahagiaan kecil yang bernama “kamu mau berprogres dan bertumbuh.”

Harapan kecil itulah yang akan membekali dan men-cahayai-mu, menyambut fitri dengan kemenangan.

Keyakinan itu, yang akan membawamu pada perjuangan sejati, dan tak menyerah menapaki diri untuk terus bermetamorfosa menjadi manusia yang baik dan lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *