Pengembangan Diri

Keresahan hari ini

empat tak dapat dipisahkan dari empat. Rakyat tak dapat dipisahkan dari politik, tentara tak dapat dipisahkan dari pimpinan, suatu pendapat tak dapat dipisahkan dari musyawarah, suatu azam tak dapat dipisahkan dari istihkarah.

Hari ini, aku baca berita tentang “ekspor rektor” dari luar negeri, para dosen dari luar negeri, tenaga kerja juga dari luar negeri.

suatu hari, aku pun pernah mendengar, bahwa ada salah satu kawan yang sangat profesional, sangat ahli di bidangnya, tetapi ia hanya menjadi bawahan dari atasannya yang bule, padahal ide dan eksekutor, jelas dia yang banyak ebrkontribusi.

sebagai alumni Universitas Pendidikan, aku merasa jelas tidak setuju. mengapa? keberpihakanku adalah bagaimana kita mampu membangun bangsa dan negara dengan kekuatan bangsa sendiri, bukan bangsa lain. waktu riset jurusan “international development and education”, miris rasanya ketika justru para ahli dan profesor dari bangsa asing, suatu hari meneliti “tanah petani” di suatu daerah di Indonesia, yang terancam habis karena “dipaksa” untuk dijual kepada asing, dengan tanpa mempertimbangkan maslahat lain. (wilayah yang bukan untuk pembangunan yah.).

suatu hari juga, aku bertemu dengan Kak @erick elson, sosok cerdas yang punya anak bangsa, penemu mobil listrik bahkan memiliki banyak paten selama di Jepang, super prestatif, justru tidak diterima oleh negara kita, tapi sangat terbuka untuk asing. aku terdiam. merenung.

banyak sekali shortcut di negara kami ini yang mengatasnamakan kepentingan ekonomi rakyat, yang sejatinya tidak berpikir panjang kali lebar untuk benar-benar memandirikan kita. aku bersyukur ada LPDP, salah satu program pemerintah yang memang sangat meyakini bahwa, membangun Bangsa adalah melalui pendidikan, yups. kitalah yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

apa kabar kita hari ini? sudahkah kita mempersiapkan diri dengan baik?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *