event + workshop +just my word

your inner critic can’t be trusted

minggu lalu, aku berkesempatan datang ke Bengkulu, dan bertemu salah satu peserta saat kegiatan KKP dulu, kawah kepemimpinan pelajar yang dulu sempat diresmikan langsung oleh Pak @jokowi, dan Pak @aniesbaswedan .

setelah beberapa tahun, dipertemukan dalam kegiatan yang baik, program Laskar Fatmawati BEM Bengkulu, yang fokus mendorong Perempuan untuk Berdaya.

salah satu materi yang ku sampaikan pada adek-adek mahasiswa baru adalah tentang pentingnya perempuan dalam meningkatkan Human Development Index, dan banyak bercerita tentang kisahku di masa kuliah dan saat jadi MABA beberapa tahun yang lalu.

#MenolakTua , gak deng.

Materi yang ku sampaikan adalah, tentang “your inner critic can’t be trusted” dari salah satu Clinical Psychologist favoritku. karena banyak banget salah satu perubahan dalam hiduku terjadi karena reframing cara aku ngobrol sama diri sendiri, dari self-critical yang bahkan berlebihan, menuju self-supporting yang hasilnya adalah rasa kepercayaan diri dan memilih berani untuk mencoba hal baru.

kadang perempuan kan, butuh curhat, dan bahayanya kalo kita salah curhat dan dapat informasi yang sebenernya netral, tapi dijadikan kita pembenaran.

belum lagi ke diri kita sendiri, inner-critic-nya berlebihan yang akhirnya menutup banyak kesempatan untuk kita mencoba sesuatu, atau takut kegagalan, atau udah melabeli diri sendiri gak mampu dan gak bisa, padahal nyoba pun beluuuuum. sama kok, aku juga pernah di fase itu.

Jadi, perempuan berdaya itu latihannya panjang, tempaannya tinggi, dan prosesnya setiap orang beda-beda, dan gak sebentar. selain dari kitanya menjadi support system terbaik diri dengan tidak secara berlebihan memberikan kritik yang membuat kt menutup diri untuk mencoba, akan tetapi cobalah sedangkan kegagalan nanti akan ada pembelajaran yang bisa kita ambil yang tidak diajarkan oleh kesuksesan. kan ada evaluasi.

bismillah, semoga tulisan ini bisa jadi dukungan baik untuk seluruh perempuan di Indonesia, that you can try anything, you need to trust yourself to learn on the way, and you will always evolving.

growing makes you wisdom and mature right.

and make sure, get your power for kindness. 

love.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *